Home » » Trik-trik Futsal – Trik Bermain Futsal

Trik-trik Futsal – Trik Bermain Futsal

Trik-trik Futsal – Trik Bermain Futsal – Futsal adalah olahraga sepakbola yang dibatasi oleh ruangan lapangan yang lebih kecil dan ukuran bola yang lebih kecil. Dalam bermain futsal, kita sudah mengerti banyak teknik dasar yang sifatnya fundamental.


Trik-trik Futsal – Trik Bermain Futsal

Kali ini jagawarnet akan berikan trik-trik bermain futsal yang jitu sehingga membuat permainan futsal kita semakin hebat dan membuat lawan bertekuk lutut. Ada 2 bagian yang akan jagawarnet berikan. Yang pertama trik futsal yang bersifat individual.

TRIK BERMAIN FUTSAL

Salah satu hal yang anda perhatikan adalah skill masing-masing individu. Mari simak penjelasan dibawah.

JANGAN MINUM TERLALU BANYAK AIR
Sebelum bermain futsal, jangan minum terlalu banyak air. Hal ini akan menghambat pergerakan badan anda dan membuat bobot perut semakin bertambah. Jika anda haus dan ingin menyegarkan diri, lakukanlah berkumur sekali, dan minum air satu tegukan.

BERMAINLAH DENGAN CEPAT DAN SELALU BERGERAK
Futsal bukan olahraga lamban seperti sepakbola. Lapangan yang lebih kecil memungkinkan lawan mengambil bola dari anda dengan cepat. Jadi, jagalah kecepatan anda. Banyak-banyaklah bergerak berputar dan saling mengoper bola. Hal ini akan membuat musuh tidak focus dengan arah bola.

LEBIH SERING MENENDANG
Ukuran bola futsal adalah 4, berbeda dengan ukuran bola sepak. Perbedaannya adalah tingkat elastisitasnya. Bola futsal dirancang agar tidak memantul sekeras bola sepak. Dalam artian, bola futsal lebih berat untuk ditendang. Perbanyaklah latihan futsal pada bagian menendang.

JANGAN MELAKUKAN SLIDING
Futsal bukanlah sepakbola. Dalam peraturan futsal, anda tidak boleh menjatuhkan badan anda demi mendapatkan bola dengan cara menjegal lawan. Hal itu dianggap pelanggaran. Ingatlah trik bermain futsal yang nomor 3 diatas. Futsal adalah permainan cepat. Jika anda membuang waktu anda dengan jatuh 4-5 detik. Anda sudah membiarkan musuh berlari dari gawangnya ke gawang anda.

PASSING YANG BENAR
- Posisi kaki tumpu harus berada di samping bola. Selain itu, kaki tumpu mengarah ke pemain atau tempat yang dituju.
- Ayunkanlah kaki dari belakang dengan kekuatan yang cukup agar bola sampai ke tempat yang dituju.
- Posisi tangan saat mengayun disarankan diangkat disamping untuk menjaga keseimbangan saat melakukan passing.
- Seperti tangan saat ingin melakukan pukulan, pada saat passing kuatkan bagian tumit dan engkel kaki saat melakukan tendangan.
- Tendang diposisi bagian tengah bola, agar menghasilkan laju bola yang mendatar.
- Lanjutkan passing dengan gerakan ayunan kaki kedepan tidak dihentikan. 

Setelah mempelajari trik bermain futsal yang bersifat individual. Sekarang kita akan pelajari trik-trik futsal yang bersifat teamwork. Dalam hal ini kerjasama sangat dibutuhkan. Dalam menjalankan trik-trik futsal yang penuh kelincahan, kerjasama menjadi sangat penting.

POSITIONING DALAM BERMAIN FUTSAL

Pola 2-2
Pola Permainan futsal 2-2 yaitu duap pemain akan menjadi pemain yang berfungsi sebagai pemain bertahan dan dua pemain sebagai penyerang. Pola ini dapat berfungsi sebagai pola bertahan dan menyerang dengan asumís 2 lawan 2. Pola dasar pergerakan pola ini adalah 2 pemain di belakan dan 2 pemain di depan walaupun arah bola selalu berubah-ubah.

Pola 1-3
Pola permainan futsal 1-3 dapat dikatakan semi menyerang, dengan1 pemain sebagai kunci di belakang garis tengah dan 3 pemain serang sebagai target. Saat bertahan, pola ini dapat berubah menjadi pola 1-2-1. Fungsi Pola ini untuk mengosongkan lapangan sébelah kiri atau kanan bagian depan daerah lawan sebagai awal penyerangan.

Pola 3-1
Pola permainan futsal 3-1 dapat dikatakan semi bertahan, dengan 3 pemain sejajar di belakang aris tengah dan 1 pemain serang sebagai target. Saat menyerang, pola ini dapat berubah menjadi pola 1-1-2 atau 1-2-1. Pola ini berfungsi untuk mengosongkan lapangan cébela kanan atau kiri bagian belakang daerah lawan sebagai tempat penyerangan awal.

Pola 0-4
Pola permainan futsal 0-4 dapat dikatakan sebagai penyerangan total, dengan 4 formasi pemain berada di depan garis tengah (daerah lawan). Saat harus melakukan pertahanan, perubahan pola dari 0-4 sangat sulit dilakukan. Namun saat menyerang, pola 0-4 dapat berubah-ubah menjadi pola 1-2-1, 1-1-2 dan 3-1.

Pola 4-0
Pola permainan futsal 4-0 dapat dikatakan sebagai bertahan total, dengan 4 formasi pemain berada di belakang garis tengah (daerah sendiri). Saat menyerang, pola ini dapat berubah menjadi pola 1-2-1, 1-1-2 dan 3-1.

Pola 2-1-1
Pola permainan futsal 2-1-1, berfungsi sebagai pola menyerang dari perubahan pola 3-1. Pola ini dilakukan di daerah lawan dengan fungsi pola bertahan masih dominan. Pola 2-1-1 ini mengandalkan penyerang sebagai target.

Pola 1-2-1
Pola permainan futsal 1-2-1 disamping berfungsi sebagai jembatan pola lain untuk menyerang, pola ini juga baik untuk pola bertahan. Pola 1-2-1 berfungsi untuk menguasai blok tengah saat bola terpotong oleh lawan di depan daerah penalti. Fungsi bertahan dengan pola ini adalah sebagai penghambat penyerangan lawan.

Pola 1-1-2
Pola Permainan futsal 1-1-2 adalah pola murni saat menyerang dengan serangan balik. Pola ini berfungsi sebagai pola serangan balik yang sangat efektif dan efisien. Pemain satu dibelakang sebagai kunci penyerangan, pemain 1 ditengah sebagai target simpul, dua pemain depan kanan kiri berfungsi sebagai pemain sayap serang (tombak kembar).

Itulah tadi beberapa trik-trik futsal yang patut anda coba pelajari. Dengan menerapkan trik bermain futsal diatas, semoga performa anda dalam bermain futsal semakin meningkat dan tim futsal anda akan lebih kompak dan handal. Selamat menerapkan trik bermain futsal dan selamat bermain futsal.
Untuk update artikel-artikel baru kami, silahkan like fanpage di bawah ini.

×
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS