Pasang Iklan Murah
Home » » Cara Main Badminton

Cara Main Badminton

Cara Main Badminton – Badminton adalah permainan yang menggunakan raket dan cock sebagai alatnya dan net sebagai pembatasnya. Badminton sering juga disebut bulu tangkis atau bultang. Pemenang pertandingan badminton ditentukan oleh pihak yang lebih dahulu mencapai poin tertentu.


Cara Bermain Badminton

Ada 5 partai yang biasanya dimainkan pada pertandingan badminton. Berikut daftarnya:

- Tunggal Putra
- Tunggal Putri
- Ganda Putra
- Ganda Putri
- Ganda Campuran

Sebenarnya cara untuk bermain badminton sangatlah simple. Pemain cukup memukul shuttlecock yang melayang kearahnya dan mengembalikanya ke area lawan. Tapi, semua itu harus dipelajari dari teknik dasar cara bermain badminton yang benar terlebih dahulu.

CARA BERMAIN BADMINTON

Bagaimana cara bermain badminton yang baik dan benar? Apa saja teknik dasar yang harus dipelajari dalam bermain badminton. Berikut tutorialnya.

TEKNIK DASAR PERMAINAN BADMINTON

Cara Memegang Raket Badminton

1. Pegangan forehand (pegangan dasar) Pegangan ini dapat di peroleh dengan cara mendirkan raket yang sisinya tegak dengan lantai Pegangan ini hampir sama dengan posisi tangan sedang bersalaman.

2. Pegangan backhand Pegangan ini dapat di peroleh dengan jalan memutar seperempat ke kanan dari pegangan forehand.

3. Pegangan pukul kasur/Amerika Cara pegangan ini adalah mula-mula raket diletakkan secara mendatar di atas lantai. Kemudian ambil dan peganglah raket pada pegangannya, sehingga bagian tangan antar ibu jari dan jaritelunjuk menempel pada bagian permukaan yang lebar.

Teknik Pukulan Badminton

Teknik pukulan adalah cara-cara melakukan pukulan pada permainan bulitangkis dengan tujuan menerbangkan shuttlecock ke lapanagn lawan. Terdapat macam-macam teknik dasar pukulan dalam permainan bulutangkis, yaitu:

1. Pukulan Servis

Pukulan servis merupakan pukulan degan raket untuk menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lawan secara diagonal dan bertujuan sebagai permulaan permainan. Macam-macam pukulan servis, yaitu:

a. Pukulan servis pendek
b. Pukulan servis panjang
c. Pukulan servis mendatar
d. Pukulan servis cambuk

2. Pukulan Lob

Pukulan lob adalah pukulan dalam permainan bulutangkis yang bertujuan untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lapangan lawan. Pukulan lob dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:

a. Overhead lob, yaitu pukulan lob yang dilakukan dari atas kepala dengan cara menerbangkan shuttlecock melambung ke arah belakang.

b. Underhand lob, yaitu pukulan lob yang dilakukan dari bawah dengan cara memukul shuttlecock yang berada di bawah badan dan di lambungkan tinggi ke belakang.

SISTEM SERVIS BADMINTON

Selain teknik memegang raket dan teknik pukulan, ada satu teknik bermain badminton yang harus dipelajari juga, Yaitu sistem servis. Servis tidak hanya asal memukul, tapi servis dalam permainan badminton ada aturannya.

Servis dilakukan dari satu sisi lapangan (kiri atau kanan) menyilang menyeberangi jaring ke area lawan. Partai tunggal dan ganda memiliki area servis yang berbeda seperti yang diilustrasikan pada gambar. Bila kok jatuh di luar area tersebut maka kok dinyatakan "keluar" dan poin untuk penerima servis.

Posisi kiri atau kanan tempat servis dilakukan ditentukan dari jumlah poin yang telah dikumpulkan oleh pemain yang akan melakukan servis. Posisi kanan untuk jumlah poin genap dan posisi kiri untuk jumlah poin ganjil. Servis dari posisi kanan juga dilakukan saat jumlah poin masih nol.

Itulah tadi beberapa tutorial singkat mengenai cara main badminton. Cara bermain badminton yang baik dan benar dapat menuntun anda menjadi pemain badminton yang handal dan menguasai teknik fundamental.

Jangan lelah berlatih cara bermain badminton. Semakin sering anda berlatih badminton, kemampuan anda akan terus meningkat dan pastinya kecepatan berfikir anda akan semakin terlatih. Selamat bermain badminton.
Untuk update artikel-artikel baru kami, silahkan like fanpage di bawah ini.

×
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS