Home » » Peraturan Bermain Bulutangkis

Peraturan Bermain Bulutangkis

Peraturan Bermain BulutangkisAturan bermain bulutangkis, peraturan permainan bulu tangkis, system pertandingan bulu tangkis, aturan kejuaraan bulu tangkis, peraturan dan teknik dalam bermain bulu tangkis, serta semua hal yang menyangkut bulu tangkis akan diulas disini.


Peraturan Bermain Bulutangkis

Bulu tangkis adalah permainan sederhana yang menggunakan raket dan shuttlecock sebagai alatnya. Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas cara bermain badminton. Kali ini kita fokus kepada peraturan bermain bulu tangkis.

ATURAN BWF

Peraturan bermain bulu tangkis dibuat oleh BWF (Badminton World Federation). Meski peraturan bermain bulu tangkis dari BWF sering berubah-ubah, tetap saja seluruh asosiasi bulu tangkis di seluruh dunia mengacu kepada federasi utama bulu tangkis dunia ini.

Peraturan bulu tangkis memang harus anda pelajari jika ingin bermain bulu tangkis dengan benar. Meskipun teknik bermain bulu tangkis anda sangat tinggi, anda akan tetap kalah jika tidak mengetahui peraturan bermain bulu tangkis yang benar.

PERATURAN BERMAIN BULU TANGKIS

Servis Awal

Di awal permainan, shuttlecock akan dilemparkan untuk menentukan siapa yang mengambil keputusan untuk melakukan servis atau tidak. Pemenangnya akan memutuskan akan melakukan servis atau memberikan servis itu kepada lawannya.
Jika pemain servis melakukan kesalahan maka lawan akan mendapat poin, dan bola servis akan berpindah ke lawan.

Sistem Penilaian

Dalam peraturan bermain bulu tangkis, seseorang dinyatakan menang jika telah lebih dahulu memenangi 2 dari 3 set pertandingan yang disiapkan. Satu set pertandingan dibatasi dengan poin. Sapa yang lebih dahulu mencapai poin 15 (untuk putra) atau 11 (untuk putri), maka dia dinyatakan memenangi set.
Jika kedua pemain mengalami kedudukan sama 14-14, maka akan terjadi deuce (jus). Dalam atura deuce, pemain yang mencapai poin 15 belum dinyatakan menang. Pemain baru dinyatakan menang jika telah menang dengan selisih 2 poin dari lawannya. Misal 17-15, 18-16, dll.

Batas Garis Lapangan

Dalam aturan permainan bulu tangkis. Kedua pemain dibatasi oleh lapangan. Bulu tangkis menggunakan lapangan berbentuk persegi panjang. Ada perbedaan batas permainan untuk pertandingan tunggal dan ganda (lihat gambar).
Dalam peratura permainan bulu tangkis, ada hakim garis yang berhak menentukan apakah bola dinyatakan masuk atau keluar. Shuttlecock harus benar-benar jatuh ke area lawan, jika anda ingin mendapatkan poin.

Netting

Net adalah bagian paling penting di pertandingan bulu tangkis. Lapangan dibagi sama besar dan dibatasi oleh sebuah net. Biasanya, para pemain bulutangkis yang professional dapat melakukan teknik unik yang memanfaatkan net untuk mencuri poin. Dengan teknik tertentu, dia memukul kok hingga mengenai net secara tipis dan jatuh ke area lawan. Dengan begini, lawan akan langsung terkejut karena arah shuttlecock tiba-tiba berubah.
Dalam hal ini, hakim garis juga menentukan apakah netting yang dilakukan itu terhitung sah atau foul.

Nah, setelah tahu peraturan bermain bulu tangkis yang benar. Anda bisa memulai untuk bermain bulu tangkis dan berlatih menjadi pemain bulu tangkis yang handal. Peraturan permainan bulu tangkis dibuat sehingga anda menjadi disiplin dan semakin cerdas dalam mencuri kemenangan. Selamat bermain bulu tangkis.
Untuk update artikel-artikel baru kami, silahkan like fanpage di bawah ini.

×
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS